Haul Mbah Daulat dan KH Noor Hadi

Peringatan Haul Mbah Kyai Daulat dan Mbah KH Noor Hadi 1445 H

Haul Mbah Daulat dan KH Noor HadiSunggingan РJumat (4/8) warga RT. 01 RW. 02 Kelurahan Sunggingan menyelenggarakan Peringatan Haul  Mbah Kyai Daulat dan Mbah KH. Noor Hadi. Mbah Kyai Daulat dikenal sebagai salah satu murid Kangjeng Kyai Telingsing. Beliau ikut membantunya gurunya dalam menyebarkan agama Islam di sekitar sunggingan. Setiap tahun, tepatnya tanggal 17 Muharrom warga Sunggingan menggelar rangkaian kegiatan untuk memperingati Haul Mbah Kyai Daulat.

Sedangkan KH. Noor Hadi sendiri merupakan salah satu ulama sekaligus tokoh pejuang di Kudus pada masa penjajahan Belanda. KH Noor Hadi wafat pada tahun 1950 dan dimakamkan di Pemakaman Umum Ploso Kudus. Untuk mengenang jasa-jasa beliau, nama KH. Noor Hadi diabadikan menjadi salah satu jalan di Kelurahan Sunggingan. Tepatnya jalan di gang sebelah utara Klinik Pratama Masyitoh Kudus searah dengan Kantor Kelurahan Sunggingan.

Peringatan Haul Mbah Kyai Daulat dan KH Noor diselenggarakan secara bersamaan di Mushola Mbah Kyai Daulat yang terletak di Gang Kyai Daulat Kelurahan Sunggingan. Selain Buka Luwur, panitia Haul juga menggelar Pengajian Umum dan Tahlil Umum yang dihadiri oleh sejumlah tokoh agama dan warga Sunggingan. Lurah Sunggingan, Rikho Marhadika Gautama juga tidak ketinggalan untuk menghadiri acara tersebut.

Di sela-sela kesibukan beliau, pagi sebelum peringatan Haul, Rikho juga menyempatkan diri untuk memberikan semangat kepada warga yang bertugas di dapur untuk menyiapkan nasi jangkrik. Nasi yang dibungkus dengan Godong Jati menjadi daya tarik buka luwur yang diselenggarakan setiap tahunnya. Terlihat warga guyup dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

 

Bagikan Berita
Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on print

Berita Lainnya

Link terkait

Kategori
Arsip
Juni 2024
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930